Tipe: Koran
Tanggal: 2017-01-06
Halaman: 18
Konten
2cm Inovasi je Berubah Bersama Zaman ●NORA AZIZAH Kolaborasi dan konten kreatif menjadi dua unsur penting dalam proses digital marketing. eknologi memang membawa banyak perubahan bagi du- nia. Termasuk dalam cara memasarkan produk atau jasa. T Di Indonesia, pemasaran dari mulut ke mulut memang masih memiliki dam- pak besar. Tapi, ketika teknologi masuk, media sosial menjadi salah satu peru- bahan yang diadopsi secara kilat oleh ma- syarakat. Memasuki 2017, tak sedikit yang memperkirakan wajah pemasaran in- dustri digital akan makin bergairah. Tren ini tentu akan memunculkan efisiensi ter- sendiri bagi para pelaku industri startup. BukaLapak menjadi salah satu usaha rintisan yang sukses memasarkan plat- formnya melalui marketing digital. Be- berapa waktu lalu, marketplace yang di- gawangi Ahmad Zaky tersebut menjadi industri marketplace dengan strategi pe- masaran video streaming yang paling banyak diminati. Fakta tersebut menjadi satu kebang- gaan bagi BukaLapak. Prestasi yang di- peroleh memang patut diacungi jempol. Sebab, biasanya para penikmat video di Youtube akan tanpa ragu menggunakan opsi 'skip add' ketika menyaksikan ada iklan yang ditayangkan. Tapi, iklan BukaLapak ternyata men- jadi bukti bahwa iklan di YouTube bisa tetap membuat orang tak langsung ingin melewatkannya. Melalui iklan berseri Medok Pen- dekar Jari Sakti Episode Pendekar Ci- reng, BukaLapak justru mengundang perhatian penikmat Youtube. Bahkan, pada pertengahan 2016 iklan tersebut menjadi salah satu video favorit dari kategori konten iklan. Tak sedikit pula penonton yang bahkan, sengaja me- nonton episode iklan tersebut. Respons penonton yang begitu besar membuat video tersebut akhirnya dicip- takan berseri. Bahkan, karakter Pendekar Jari Sakti pun kini memiliki penggemar khusus. "Kami rasa bentuk video stream- ing demikian akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan," ujar Head of Marketing PT Bukalapak Ambrosia Tyas. Minat para pemegang ponsel, kini memang cenderung lebih menyukai kon- ten video. Iklan dalam bentuk video streaming pun ternyata lebih diminati. Namun, video yang akan mampu menarik perhatian para penonton tentu memiliki konten yang tidak sembarang- an. Dalam membuat satu video, Buka- Lapak berkolaborasi bersama ReKreasi sebagai tim kreatif. Kreativitas yang tinggi akan membuat konten lebih kaya tanpa harus menggu- nakan aktor terkenal. Cerita pun dibuat serius, mulai dari storyboard hingga ta- hap penyelesaian. kukan BulaLapak dalam vi- deo tersebut. Platform marketplace OLX menerap- kan jenis iklan berbeda. Hingga akhir 2016 OLX memasang kurang lebih 200 tracker atau pelacak. "Tracker ini bergu- na untuk melacak kebiasaan pengguna, sekaligus mempermudah pengguna pu- la," ujar Chief Technology Officer (CTO) OLX Nurendratoro. SALE Tracker biasanya digunakan oleh e- commerce atau marketplace untuk mem- baca kebiasaan konsumen saat berselan- car melalui internet. Misalnya, konsumen acap kali membeli barang elektronik secara daring. Tracker akan membaca kebiasaan tersebut. Kemudian, hal ini akan diman- faatkan OLX untuk melakukan pemasar- an digital berupa penawaran. 95 Iklan BukaLapak ternyata menjadi bukti bahwa iklan di YouTube bisa tetap membuat orang tak langsung ingin melewatkannya. Bentuknya hampir sama seperti pop- up adds yang biasa muncul pada sudut ponsel atau di bagian atas serta bawah ketika kita tengah berselancar di dunia maya. Tracker ini tidak membahayakan karena berfungsi sebagai pembaca kebia- saan pengguna.. Sementara data pribadi konsumen, termasuk nomor kartu kredit, tidak akan mampu dibaca oleh tracker. Kehadiran tracker terbilang penting bagi usaha rin- tisan, startup e-commerce atau market- place. Karena selain untuk mendongkrak jumlah konsumen, tracker juga diharap- kan mampu meningkatkan nilai tran- saksi. Iklan video streaming yang dibuat BukaLapak cenderung berdurasi cukup lama, yaitu mencapai lebih dari tiga me- nit. Tapi, ternyata penonton tetap saja menonton tanpa khawatir tontonan ini akan menyedot paket data. Berorientasi pada mobile Gambaran pemasaran digital tahun Kolaborasi dan konten kreatif me- ini pada industri e-commerce akan ber- mang menjadi dua unsur penting. Konten fokus pada perangkat mobile, seperti kreatif bisa menggabungkan romansa, ponsel pintar atau tablet. "Konsumen komedi, dan animasi, seperti yang dila- cenderung lebih suka membuka aplikasi SALE SALE ponsel untuk mengakses e- commerce," kata Comercial Direc- tor Criteo Southeast Asia, Hongkong, and Thailand Alban Villani. Bahkan, menurut dia, konsumen juga akan melakukan transaksi pembayaran menggunakan mobile banking, bukan web banking. Data terbaru Criteo sebagai perusahaan teknologi kinerja pemasaran memang mengejutkan. Berkaca dari kegiatan Pesta Belanja Online yang jatuh pada 11 November 2015 menunjukkan, sebanyak 64 persen konsumen melakukan pembelian produk pada lebih dari dua perangkat mobile. Villani menjelaskan, seorang konsumen terkadang membuka sebuah website melalui desktop. Kemudian, konsumen mungkin ter- buru-buru untuk pergi sehingga langsung menutup laptop. Lalu, proses berbelanja akan bersambung di perangkat mobile. Criteo juga mendapatkan fakta, se- kitar 25 Oktober hingga 30 November 2015 menjadi arus lalu lintas' belanja daring terpadat sepanjang tahun. Analisis data tersebut berdasarkan 8,2 juta tran- saksi online di Indonesia. Trafik laman-laman belanja mulai menanjak secara cepat mulai dari 9 No- vember. Kemudian, semakin meninggi di antara 9 hingga 12 November. Peningkatan transaksi yang terjadi mencapai 43 persen pada rata-rata situs e-commerce populer. Peningkatan pen- jualan secara keseluruhan juga mencapai 61 persen dan penjualan tertinggi jatuh pada 11 November. Situasi tersebut otomatis menjadi sumber 'Big Data' baru bagi para pemain retail daring di Tanah Air. Apabila mema- hami situasinya, peritel bisa memanfaat- kan momen tersebut sebagai waktu yang tepat memasang iklan. Sebab, di waktu tersebut transaksi dan aktivitas belanja daring sangat tinggi. Namun, tantangan terberatnya, ada- lah menyajikan iklan dengan lebih me- narik. Criteo memprediksi, mobile com- merce atau m-commerce akan mendo- minasi penjualan pada 2017. "Banyak retail yang melompat langsung menye- diakan platform mobile," kata Villani menjelaskan. Biasanya, e-commerce berawal di platform desktop, kemudian melangkah ke aplikasi mobile. Namun, ke depannya akan semakin banyak para pemilik niaga elektronik yang langsung masuk ke platform mobile tanpa memiliki platform desktop terlebih dahulu. Menurut penelitian, 34 persen lalu lintas daring perusahaan retail besar, saat ini berasal dari ponsel pintar. Sementara, 33 persen lainnya melalui aplikasi mobile. Angka ini akan terus meningkat tiap tahun seiring dengan penetrasi internet dan ponsel pintar di Indonesia. Tren menggunakan lebih dari satu perangkat dalam belanja daring juga akan terus bergulir beberapa tahun ke depan. Bahkan, tren dalam menciptakan iklan melalui perangkat mobile juga akan lebih kreatif. Salah satunya, iklan tidak lagi menjadi ajang para perusahaan melakukan persuasi pada konsumen. Namun, iklan akan menjadi platform berkomunikasi dengan pelanggan. Iklan juga akan hadir lebih menarik dari segi tampilan. Dengan bantuan big data, para pengiklan akan dapat menemukan seg- mentasi konsep yang disukai konsumen berdasarkan hal-hal yang menarik bagi mereka. ed: setyanavidita livikacansera 18 REPUBLIKA JUMAT, 6 JANUARI 2017 FOTO-FTOO: FREEPIK.COM Tren Online Marketing 2017 Т industri digital tidak pernah berjalan lambat. Tak bisa dipungkiri, pemasaran sangat diperlukan dalam industri bisnis. Melalui pemasaran secara daring, pelaku bisnis benar-benar harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan. Laman Forbes.com mencoba memprediksi tren online marketing 2017 yang akan banyak diadopsi perusahaan digital. ahun lalu menjadi satu waktu luar biasa bagi industri digital. Salah satunya dalam men- 1. Augmented Reality (AR) Banyak ahli memprediksi gim Pokemon Go akan mengambil alih dunia gim secara radikal. Kenapa? Sebab, ketika meluncur, Pokemon Go mampu meraih penghasilan hingga 10 juta dolar AS per hari. Antusiasme para pengguna ponsel pintar semakin terlihat ketika ingin mencoba Augmented Reality (AR) yang disajikan Pokemon Go. Siapa sangka, hal yang dilakukan gim tersebut justru menimbulkan banyak minat dari beberapa label produk. Jangan heran bila tahun ini akan banyak label produk dari segala lini menghadirkan iklan dalam bentuk AR. Nantinya, iklan-iklan ini akan dikemas dalam bentuk gim atau aplikasi khusus. 2. Live Video Streaming Para pengguna media sosial akan semakin menggilai konten video. Mereka akan menuntut lebih banyak lagi konten kreatif. Dukungan internet supercepat 4G LTE bahkan, akan bermigrasi ke 5G membuat pengguna semakin menginginkan konten video. Sebab, internet cepat memudahkan mereka melakukan akses konten. Beberapa tahun ke belakang, mungkin live streaming video sudah banyak mendapat antusias. Namun, tahun ini keberadaannya akan semakin dinanti dan digunakan secara lebih dominan. 3. Visualisasi Data Sebagai seorang pemasar, data akan menjadi nyawa. Perusahaan memerlukan data akurat dan detail perorangan, seperti siapa yang suka membeli ini, itu, dan mengapa mereka membeli produk tersebut. Mengerti analisis data memang sulit. Namun, otak manusia diciptakan sedemikian cerdas hingga mampu menciptakan alat untuk mengolah data. Jangan kaget bila tahun ini akan ditemukan lusinan tools untuk visualisasi data. Bahkan, keberadaannya akan siap digunakan untuk membaca pasar. 4. Pengalaman Tinggi Mera- sakan Konten Pemasaran Lagi-lagi AR dan VR akan menjadi senjata unggulan dalam pemasaran tahun ini. Jangan heran apabila nanti menemukam sedikitnya 360 video yang mengulas produk saja. Bahkan, bukan tak mungkin, konsumen tidak sadar bahwa tengah menikmati konten iklan yang dibuat dengan pengalaman berbeda. Salah satu kuncinya, menambahkan interaksi dengan para konsumen.ed: setyanavidita livikacansera REPUBLIKA JUMAT, 6 JANUARI 2017 TUHAN, JANGAN TINGGALKAN AKU PERTAMINA EP KERJASAMA OPERASI (KSO) PERTAMINA EP-SANTIKA PENDOPO ENERGY PENGUMUMAN TENDER KSO Pertamina EP- Santika Pendopo Energy mengundang perusahan Saudara untuk ikut serta dalam Penyediaan Barang dan Jasa dengan rincian sebagai berikut: Nomor dan Judul Tender Persyaratan Tender No. 1 No. Lelang 1701/SPE/LL001 Judul Lelang: Jasa Pekerjaan 2 No. Lelang 1701/SPE/LL002 Judul Lelang: Pengadaan OCTG PROSEDUR PENDAFTARAN: Tempat Pendaftaran Waktu Pendaftaran Kualifikasi Kode Bidang Borongan Pengamanan Sub Bidang (security) Operasional Minimum TKDN:100% Lokasi Kerja Lapangan Kualifikasi Sub Bidang Kode Bidang :03.a.03 Minimum TKDN:25% antam Quality, Harmony, Integrity 3 Batas Akhir Pengumpulan Dokumen Pra-Kualifikasi: 16 Januari 2017, Pukul 15:00 WIB Alamat email II. Waktu Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Catatan: Pada saat pendaftaran, Calon Peserta Tender agar membawa Flash disk untuk mengcopy dokumen prakualifikasi Hanya Perusahaan yang memenuhi syarat/lulus prakualifikasi yang akan diundang untuk mengambil dokumen Tender. III. Syarat Peserta Pelelangan: skkmigas Jakarta, 06 Januari 2017 KSO Pertamina EP-Santika Pendopo Energy PANITIA TENDER PT. ANTAM (Persero) Tbk - UBP NIKEL SULTRA PENGUMUMAN PELELANGAN Nomor: 002/923/NSP/2017 PT. ANTAM (Persero) Tbk - UBP Nikel Sulawesi Tenggara mengundang para penyedia jasa untuk mengikuti pelelangan pekerjaan sebagai berikut: Pengumuman Pelelangan No.: 001/PEL-NSP/1/2017 tanggal 04 Januari 2017 Nama Pelelangan : Pembangunan Sport Center Klasifikasi Bidang Usaha : Jasa Sipil, Konstruksi Kualifikasi/ Golongan : Bukan Usaha Kecil I. Tempat Pendaftaran : PT. ANTAM (Persero) Tbk - UBP Nikel Sulawesi Tenggara Jl. Jend. Ahmad Yani No. 5 Pomalaa-Kolaka 93562, Sulawesi Tenggara Tlp. 0405-2310171 ext 1430/1431 : aslan@antam.com; astati@antam.com 1. Penyedia Jasa Kualifikasi Besar; Pipiet Senja Kantor KSO Pertamina EP- Santika Pendopo Energy Sentra Senayan Il Lt. 20 Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta 10270 atau melalui email: panitialelang@santikapendopo.com Tanggal 09-12 Januari 2017 (Jam 09:00 - 15:00) (Pendaftaran setelah tanggal dan jam tersebut tidak diterima) Pekerjaan Penawaran Harga Minimum TKDN I PEKERJAAN YANG DITENDERKAN Judul Pekerjaan Nilai Minimum NPt Risiko Pekerjaan 2. Memiliki Sertifikat Mitra Kerja (SMK) atau bagi yang belum memiliki agar dapat melampirkan Company Profile (persyaratan lihat di butir 4 dalam Pengumuman Pelelangan No. 001/PEL-NSP/I/2017. Bila berminat, Pengumuman Pelelangan dapat dikirim ke perusahaan saudara agar memberikan alamat emailnya; 3. Persyaratan pelelangan & pengambilan dokumen dapat diambil di PT. Antam (Persero) Tbk UBP Nikel Sulawesi Tenggara di Pomalaa (Satuan Kerja Service Procurement). Usaha Menengah :02.p.15.01, 02.p.15.02 Jasa Pengamanan Usaha Besar Pipe, Casing d. Waktu e. Tempat 76 PT. PERTAMINA EP Gedung Menara Standard Chartered, Lt.11, X. Prof. Dr. Satrio No. 164, Jakarta 12950 Telp: 021 5789 133, Fax: 021 2553 2199, Webcwww.pertamina-ep.com PENGUMUMAN PELELANGAN UMUM EPN3-S17LL0001A-P25 Tanggal 05 Januari s/d 16 Januari 2017 Jam 08.00 s.d 14.00 Wita Golongan Penyedia Barang: Usaha Menengah Bidang/Sub Bidang skkmigas Color Rendition Chart (Pendaftaran sesudah tanggal dan jam tersebut diatas tidak dapat kami terima) : KONTRAK PENGADAAN JASA ARMADA ANGKUTAN BERAT UNTUK MENUNJANG OPERASI PRODUKSI DI WILAYAH KERJA PT PERTAMINA EP FIELD CEPU SELAMA 24 (DUA PULUH EMPAT) BULAN KALENDER Uraian Singkat Pekerjaan : KONTRAK PENGADAAN JASA ARMADA ANGKUTAN BERAT UNTUK MENUNJANG OPERASI PRODUKSI DI Penawaran Harga Minimum TKDN Nilai Minimum NPt Supplier Diundang d. Waktu e. Tempat Pomalaa, 05 Januari 2017 Procurement & Material Management Manager Bis, Pick Up : Manual WILAYAH KERJA PT PERTAMINA EP FIELD CEPU SELAMA 24 (DUA PULUH EMPAT) BULAN KALENDER CIREBON, 06 Januari 2017 Panitia Tender PT. PERTAMINA EP : 75.00% (Tujuh Puluh Lima Persen) : Rp. 740,000,000.00 :Risiko Tinggi Proses Tender dilakukan dengan Penilaian Kualifikasi. Ketentuan dan Syarat Kualifikasi diuraikan dalam Dokumen Penilaian Kualifikasi. :Peralatan Angkut Darat antara lain: Truck Trailer, II Penyedia Barang dan Jasa yang berminat dapat mendaftar sebagai calon peserta tender dengan ketentuan sebagai berikut: I PEKERJAAN YANG DITENDERKAN Judul Pekerjaan a. Memiliki Sertifikat Pengganti Dokumen Administrasi (SPDA) b. Tanggal Pendaftaran: Senin, 09 Januari 2017 s/d Kamis, 12 Januari 2017 c. Tanggal Pengambilan dan Pengembalian Dok. Penilaian Kualifikasi Senin, 09 Januari 2017 s/d Jumat, 13 Januari 2017 : Setiap hari kerja 08.00-15.00 : LOKET SOM ASSET 4 Field CEPU JL GAJAH MADA PO. BOX 1 CEPU dan WAJIB mendaftar pada sistem procurement melalui https://eproc.pertamina.com III Alamat Sekretariat Panitia Tender LOKET SCM ASSET 4 Field CEPU JL. GAJAH MADA PO. BOX 1 CEPU, Fax. 021 2553 2199 Jakarta, 06 Januari 2017 Panitia Tender PT. PERTAMINA EP PT. PERTAMINA EP J. Patra Raya Klayan No. 1, Cirebon Telp: 0231-205051-54, Fax: 0231-206432, web: www.pertamina-ep.com PENGUMUMAN PELELANGAN TERBATAS EPM8-M16LL0043A-P28 PERTAMINA EP : FRAME KONTRAK CEMENT CLASS G SELAMA 2 (DUA) TAHUN Uraian Singkat Pekerjaan: FRAME KONTRAK CEMENT CLASS G SELAMA 2 (DUA) TAHUN Golongan Penyedia Barang Usaha Besar/Pabrikan/Agen Bidang/Sub Bidang Pekerjaan : Material Komplesi/Intervensi Sumur, antara PERTAMINA P lain: Semen Sumur Migas, Cement Spacer, Killing Fluid, Cleaning Fluid, Foaming Agents Manual Proses Tender dilakukan dengan Penilaian Kualifikasi. Ketentuan dan Syarat Kualifikasi diuraikan dalam Dokumen Penilaian Kualifikasi. II Penyedia Barang dan Jasa yang berminat dapat mendaftar sebagai calon peserta tender dengan ketentuan sebagai berikut: a. Memiliki Sertifikat Pengganti Dokumen Administrasi (SPDA). b. Tanggal Pendaftaran c. Tanggal Pengambilan dan Pengembalian Dok. Penilaian Kualifikasi : 5.00% (Lima Persen) : Rp. 1,500,000,000.00 : PT. HOLCIM INDONESIA Tbk; PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKASA TBK; : Senin, 09 Januari 2017 s/d Kamis, 12 Januari 2017 : Senin, 09 Januari 2017 s/d Jumat, 13 Januari 2017 : Setiap hari kerja 08.00-15.00 : Loket Service Centre SCM Asset 3 Klayan Cirebon dan WAJIB mendaftar pada sistem procurement melalui https://eproc.pertamina.com III Alamat Sekretariat Panitia Tender Loket Service Centre SCM Asset 3 Klayan Cirebon, Fax. 0231-206432.
