Tipe: Koran
Tanggal: 2017-01-06
Halaman: 26
Konten
2cm 26 Kreatipreneur Ami Zijta Owner AMIGA Merancang busana Mendesain Mimpi ashion desainer dunia, Hubert De Givenchy pernah berkata, pakaian itu harus mengikuti tubuh wanita, bukan tubuh wanita yang mengikuti bentuk pakaian. Setiap wanita ingin tampil cantik, tak peduli tubuhnya ramping atau gemuk, tinggi atau pendek, postur tubuh bungkuk atau tegak. F Inilah alasan Rahmi Fajar Harini a.k.a Ami Zijta mendirikan AMIGA, yaitu mengangkat kepercayaan diri wanita saat berpakaian. AMIGA adalah brand fashion lokal dari Bali yang produk-produknya sukses mendarat di berbagai negara dan disukai konsumen lokal dan asing. Berikut wawancara wartawan Republika, Mutia Ramadhani dengan Ami di Denpasar, beberapa waktu lalu. Masa depan tergan- tung pada apa yang kita lakukan saat ini. A mi memulai usaha merancang busana pada 2013 sebagai investor pasif ber- sama kenalan yang sudah menjalani usaha butik lebih dulu. Keduanya membuka butik di Seminyak awal 2014 dan merambah ke mal ter- besar di Bali, Beachwalk. Bisnis model yang tak selaras membuat Ami dan rekan bisnisnya berpisah. Wanita berusia 32 tahun ini akhirnya memulai usaha sendiri 2015, hanya dibantu dua karyawan. Produk AMIGA adalah baju-baju resort bernuansa tropik dan baju formal atau gaun malam. AMIGA juga menyediakan long dress, short dress, atasan, dan bawahan. Menjadi pebisnis tunggal tak membuat Ami patah arang. Modal terbesar AMIGA adalah ekuitas ke- ringat (sweat equity) yang nominal- nya tak bisa disebutkan, tetapi sa- ngat berperan penting dalam pem- bangunan AMIGA. Istri Stefan Zijta ini rela bekerja sampai malam, ba- ngun pagi untuk menata toko, me- lakukan pencatatan, menyapa tamu, membuat foto, berinteraksi di me- dia, dan media sosial untuk mem- promosikan AMIGA di sela akti- vitasnya sebagai ibu rumah tangga. AMIGA akhirnya mendapat ke- percayaan mengisi butik di sejumlah hotel mewah ternama di Bali sampai Jabal Akhdar, Oman. Dia juga aktif berkecimpung di Business Export Development Organization (BEDO) untuk mendapat ilmu dan berkola- borasi bersama start up lain meng- AMIGA A >> Info Usaha Apindo: Produk UMKM Harus Berlisensi gelar bazar di Bali. Ami akhirnya berhasil membuka flagship store di Lippo Mall Kuta. Salah satu kameo di film 'Ungu Violet' ini terinspirasi dengan filo- sofi Marilyn Monroe dalam berpa- kaian, "Your clothes should be tight enough to show you are a Woman, but loose enough to show you are a Lady." Ini menjadi parameter uta- ma setiap Ami merancang busana. dan memilih baju yang dipakainya. "Saya yakin wanita itu tak perlu menonjolkan keseluruhan 'asetnya' dalam berpakaian. Saya belajar dari suami bahwa membiarkan lawan jenis berimajinasi jauh lebih elegan dibandingkan membuat semua terlihat," kata dia. Produk busana AMIGA dipasar- kan dengan kisaran harga Rp 250 ribu hingga Rp 1,2 juta. Target pa- sarnya konsumen menengah ke atas, diprioritaskan untuk wanita dan pria dewasa berusia 27 tahun ke atas. Jatuh bangun merintis usaha pernah dialami mantan model ma- jalah remaja dan peragawati ini. Bis- nis Ami pernah merugi pada 2013 hingga pertengahan 2014. Dia ber- hasil membalikkan keadaan pada 2015 hingga pendapatan dan profit AMIGA tumbuh 18 persen per ta- hun. Ami mengategorikan desainer lokal Bali menjadi desainer autentik dan desainer global. Banyak desain- er autentik yang berhasil dengan pangsa pasarnya yang selektif kare- na fokus pada otentisitas busana Bali atau pun busana Nusantara. Desainer global memiliki ke- sempatan lebih luas karena desain- nya diperuntukkan sesuai permin- taan pasar global. Kondisinya saat ini sudah banyak desainer pakaian yang bisa mengolaborasikan kedua- nya, salah satunya AMIGA. SEMARANG-Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah menyatakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus berlisensi agar terlindungi oleh hukum. "Dalam hal ini pemerintah harus lebih memperhatikan mengenai lisensi produk yang dihasilkan oleh UMKM," kata Ketua Apindo Jawa Tengah, Frans Kongi, di Semarang, Rabu (4/1). la mengatakan, lisènsi produk ini juga dapat memacu daya saing UMKM untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Dengan begitu, UMKM tidak hanya mampu berdaya saing di pasar lokal, tetapi juga global. Frans menambahkan, hingga saat ini keberadaan UMKM di Jawa Tengah mampu memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan ekonomi secara keseluruhan. AMIGA memiliki beberapa print batik modern dalam bentuk baju- baju resort. Ami ingin pelanggan mengetahui, batik Indonesia bisa diolah dalam berbagai bentuk pa- kaian kasual. Alhasil, banyak pem- beli menyukai desain AMIGA, dari lokal, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali, hingga luar negeri, seperti Aus- tralia, Cina, Jepang, Rusia, Arab, Amerika, dan Eropa. Keunggulan AMIGA sebagai sebuah brand ada- lah keterikatan emosi dengan pe- langgan. Ami menyebut pelanggannya yang didominasi kaum hawa sebagai amigawati. AMIGA dalam bahasa Spanyol berarti teman perempuan. Ami menjadikan dirinya juga para amigawati sebagai duta AMIGA. "Kami tak menggunakan model untuk memasarkan produk sebab itu butuh anggaran khusus. Saya gu- nakan diri sendiri dan para amiga- wati untuk promosi karena mereka adalah teman saya," kata Ami. Keunggulan AMIGA sebagai sa- lah satu usaha kecil mikro di Bali ada- lah akuntabilitas. Ami berprinsip bis- nis sekecil apa pun perlu kalkulasi. AMIGA dan mitra bisnis saling per- caya dan jujur dalam hal finansial. Keunggulan AMIGA sebagai start up adalah pemahaman dan adaptasi terhadap segala bentuk co- baan. Ami selalu mencari solusi de- ngan mengomunikasikannya de- ngan baik secara internal dan eks- ternal. AMIGA N Masalah selalu ada. Namun, bila semuanya dikerjakan bersama, se- seorang bisa terus berprestasi. Bis- nis di mata Ami juga tak lepas dari doa untuk kelancaran usaha. Enterpreneur bagi Ami harus siap bekerja minimal 80 jam sepe- kan. Hanya dua tahun setelah ber- diri, AMIGA sudah bisa menyentuh "Terutama dalam hal menyerap tenaga kerja, keberadaan UMKM ini sangat penting bagi masyarakat," katanya. Data dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah menunjukkan, hingga triwulan III 2016, jumlah UMKM yang tercatat sebanyak 112.550 UMKM. Dari total UMKM tersebut mampu menyerap tenaga kerja hingga 772.115 orang. Angka ini terus meningkat dari triwulan I tahun yang sama. Untuk diketahui, pada triwulan I tahun 2016, jumlah UMKM Jawa Tengah mencapai 110.252 UMKM dengan jumlah tenaga kerja 751.452. Sedangkan, pada triwulan II tahun yang sama, jumlah UMKM mencapai 111.238 dengan tenaga kerja sebanyak 764.060. "Dengan melihat kekuatan ini, UMKM bisa menjadi penyelamat ekonomi ketika industri manufaktur mengalami penurunan produksi. Tinggal bagaimana pemerintah lebih memperhatikan produk yang dihasilkan oleh UMKM agar mampu bersaing di pasar bebas," kata Frans. antara ed: citra listya rini ranah ekspor dan mengembangkan bisnis fashion lainnya, seperti kos- metik, parfum, perhiasan, aksesori, dan home deco. Ami bahkan, ber- mimpi untuk membesarkan AMIGO - produk pakaian untuk pria dewasa dan Little Amiga untuk pakaian anak-anak. "Masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan saat ini," kata Ami. ed: citra listya rini BI: UMKM Perlu Dukungan Pemerintah PALEMBANG- Pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) patut menjadi perhatian para pengambil kebijakan, terutama pemerintah daerah. Ini mengingat UMKM terbukti tidak rentan krisis dan berkontribusi pada produk domestik bruto nasional sebesar 60,3 persen. REPUBLIKA JUMAT, 6 JANUARI 2017 Deputi Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatra Selatan Hari Widodo mengatakan, sektor UMKM hingga kini masih membutuhan dukungan pemerintah dari sisi kebijakan untuk tetap tumbuh. Misalnya, terkait dengan perizinan dan pajak daerah. "Seperti Sumsel yang memiliki pelaku usaha UMKM mencapai dua juta orang. Artinya, jika benar-benar mendapatkan dukungan pemerintah, akan memiliki andil besar dalam pembangunan Nama: Rahmi Fajar Harini (Ami Zijta) Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Januari 1984 Pendidikan Terakhir: Magister Komunikasi FOTO-FOTO: DOK PRIBADI Alamat Kantor: Jl. Sriwijaya Gang Kayu Manis III No 6, Legian, Bali, 80361 Email: amigabalif@gmail.com Facebook: amigabali Instagram: aamigabali Status: Menikah Nama Suami: Stefan Zijta Nama Anak: Cila Zijta (11 tahun) dan lan Zijta (5 tahun) daerah," kata Hari, di Palembang, akhir pekan lalu. Sebelumnya, riset Bank Indonesia Wilayah VII Sumatra Selatan telah memunculkan 10 produk unggulan UMKM yang layak dikembangkan pada masa datang dalam lima tahun ke depan. Kesepuluh produk unggulan tersebut, yakni pertanian padi sawah, toko kelontong dan manisan, penggilingan padi, perkebunan karet, budi daya ikan lele, penggalian pasir, budi daya ikan patin, koperasi simpan pinjam, rumah makan padang, dan klinik kesehatan terpadu. "Riset Bl ini telah disebarluaskan ke seluruh kabupaten/kota di Sumsel, dan diharapkan dapat dijadikan acuan para pengambil kebijakan terkait dengan pengembangan sektor UMKM," kata Hari. Jika suatu daerah sudah benar-benar mema- hami profil dan potensi daerahnya masing-masing, menurut dia, akan membuat suatu keputusan yang tepat sasaran terkait dengan pengembangan sektor UMKM. Salah satunya yang menjadi sorotan BI dari hasil riset ini, yakni sektor perkebunan karet yang sejak lama telah menjadi urat nadi perekonomian Sumsel. antara ed: citra listya rini Gen:I Color Rendition Chart Ramb Bergel JADI T OLEH DESY SUSILAWATI Gaya rambut 2017 di dominasi warna-warna ya terang idak hanya busana yang tre berubah setiap tahunnya, tapi gaya rambut. Hal ini mengi gaya hidup masyarakat terut kaum urban. T Apalagi rambut merupakan bagian tu terluar yang paling terlihat selain wajah. K potongan rambut tidak sesuai dengan w atau modelnya ketinggalan zaman, tentu akan memengaruhi penampilan kita. penasaran seperti apa tren gaya ramb 2017? Penata rambut Rudy Hadisuwarno me takan, tren gaya rambut 2017 inspiras datang dari Bohemian Style. Untuk ram wanita, style-nya lebih loose, bebas, terlalu banyak ombak, dan tidak te keriting. "Rambut lebih bervolume, mengem alami, teksturnya agak megar, gelomban besar, bukan spiral atau keriting," kata pe salon Rudy Hadisuwarno kepada Repu beberapa waktu lalu. Ia mengatakan tak hanya panjang, na aplikasi gaya Bohemian Style ini juga untuk model rambut sedang (medium). U rambut medium gayanya juga sama PRETTYDES
