Tipe: Koran
Tanggal: 2017-01-06
Halaman: 28
Konten
2cm 28 Otomotif Sinyal Positif ROSSI HANDAYANI Mobil-mobil yang laris manis di pasaran adalah kendaraan dengan harga di bawah Rp 200 juta. P asar otomotif nasional 2016 rupanya tidak se- kelabu prediksi sebe- lumnya. Gabungan In- dustri Kendaraan Ber- motor Indonesia (Gaikindo) men- catat secara keseluruhan ada ke- naikan penjualan kendaraan sebesar empat persen dibanding 2015. Ketua I Gaikindo Jongkie D Su- giarto mengatakan, angka penjualan pada Desember memang belum ditu- tup. Tapi, pihaknya memastikan ada- nya kenaikan sebesar empat persen dari total penjualan pada 2015 seba- nyak 1.013.291 unit. Sementara, tar- get penjualan Gaikindo pada 2016 sebesar 1.050.000 unit. "Ada kenaikan sedikit, kira-kira empat persen. Angka penjualan pada Desember belum ditutup. Harusnya, bisa sampai 1.050.000 unit, tapi kita tunggu dulu," kata Jongkie. Menurut dia, faktor yang turut memengaruhi pemulihan pasar oto- motif tersebut tidak lepas dari per- tumbuhan ekonomi Indonesia 2015, yakni sebesar 4,6 persen, sedangkan . 2016 menembus angka lima persen. "Untuk sekarang, Gaikindo belum melakukan rapat terkait target pen- jualan sepanjang 2017," katanya. Gaikindo masih menunggu ma- sukan dari para agen pemegang me- rek (APM) untuk target penjualan pada tahun ini. Tapi, diperkirakan, apabila ada kenaikan, hanya menca- pai lima persen mengingat pertum- buhan ekonomi Indonesia diprediksi juga berkisar 5,1 persen sesuai de- ngan Anggaran Pendapatan dan Be- lanja Negara (APBN). Menurut Jongkie, mobil-mobil yang laris manis di pasaran pada ta- hun lalu adalah kendaraan yang me- miliki harga di bawah Rp 200 juta. Hal itu karena daya beli masyarakat masih dalam kisaran harga tersebut. Dengan dana sebesar itu, konsumen akan menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang ada di pasaran, apa- kah akan memilih segmen MPV, SUV, city car, low cost green car (LCGC), dan lainnya. Untuk menggenjot penjualan ken- daraan, Jongkie mengatakan, para APM dapat meluncurkan produk- produk terbaru dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga, ma- syarakat akan memiliki banyak pi- lihan dan hal ini tentu bakal berpe- ngaruh pada penjualan di tahun ini. Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi meng- ungkapkan, penjualan kendaraan di- perkirakan sudah sampai pada angka 1.050.000 unit. Sebab, hingga No- vember 2016 saja penjualan sudah mencapai 974.972 unit. Mobil-mobil berukuran kecil memberikan banyak kontribusi dalam mendorong laju penjualan pada 2016. "Sedangkan, kendaraan komersial masih belum menunjukkan angka yang cukup baik," katanya. Dia berharap, pada 2017 ini penjualan kendaraan ko- mersial akan segera membaik. Yohannes mengatakan, melihat pergerakan pasar otomotif nasional yang kian membaik, pihaknya me- nargetkan penjualan kendaraan pa- DOK AHM da 2017 bisa mencapai hingga 1,1 ju- ta unit. "Saya optimistis dengan pen- capaian penjualan tersebut karena turut dibarengi dengan kondisi eko- nomi yang sedikit membaik." Avanza tertinggi Wakil Presiden Direktur PT To- yota Astra Motor (TAM) Henry Ta- noto mengatakan, penjualan retail sales Toyota sampai akhir 2016 men- capai 389.242 unit, termasuk Lexus. Sebelumnya, pada November, TAM masih menduduki posisi nomor satu dengan market share 36,5 persen. "Posisi Toyota sampai saat ini kami belum mendapatkan data total market 2016. Namun, sampai de- ngan November 2016 kemaren posisi kami adalah 36,5 persen," ujarnya. Henry menambahkan, Avanza tetap menjadi kontributor nomor sa- tu dalam mendukung penjualan To- yota sepanjang 2016. Total Avanza terjual mencapai 131.842 unit atau sekitar 34 persen dari total penjualan mobil Toyota. Sementara itu, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso me- ngatakan, pihaknya belum dapat memberikan informasi total pen- jualan Daihatsu pada 2016. "Sebab, masih ada penjualan yang harus di- lengkapi dengan seluruh cabang-ca- bang Astra dan diler," ungkapnya. ed: khoirul azwar Penjualan kendaraan komer- sial masih belum menunjukkan angka yang cukup baik. Prestasi Tertinggi HPM ROSSI HANDAYANI onda Prospect Motor (HPM) beterima kasih kepada para konsumennya di Tanah Air. Ucapan itu lahir setelah agen pemegang merek (APM) mobil Honda ini memecahkan rekor penjualan tahunan tertinggi H HONDA KHOIRUL AZWAR N plan ew Honda Vario eSP berias' wajah. Astra Honda Motor JJong dalam sejarahnya di Indonesia, yaitu sebesar 199.364 unit sepanjang 2016. Penjualan Honda pada 2016 meningkat sebesar 25,18 persen dibanding tahun sebe- lumnya, yakni 159.253 unit. Pada Desember lalu Honda membukukan penjualan bulanan sebesar 13.926 unit. baru wajah tunggangan ini melalui penyegaran grafis dan kombinasi warna yang lebih trendi. DARMAWAN/REPUBLIKA Penyegaran ini sejalan dengan kebutuhan generasi muda yang ingin selalu tampil trendi melalui motor skutik yang fashionable sekaligus memiliki performa impresif sebagai bagian dari gaya hidup modern. AHM menyemat- kan grafis baru pada seluruh stripe tipe CBS dan CBS- ISS. Pilihan warna terbaru pun hadir melalui kombinasi warna ele- gan antara front fen- der dan body, yaitu aplikasi hi- tam untuk warna grande white, warna putih dikombinasikan REPUBLIKA JUMAT, 6 JANUARI 2017 Honda Segarkan Wajah Vario eSP saat berhenti di tanjakan. ke pilihan estilo black, dan warna abu- abu sebagai kombinasi dalam pilihan glam red. Menurut Margono, Honda telah menjadi pelopor dalam aplikasi fitur-fitur canggih yang telah disematkan di Vario eSP melalui aplikasi Dual Keen Eyes LED Headlight yang memiliki pencahayaan optimal, tetapi minim penggunaan energi. Pada motor ini juga disematkan teknologi Answer Back System, yakni pengendali jarak jauh (remote) yang terintegrasi dengan kunci (integrated answer back) guna memberikan kemudahan yang optimal bagi pengendara untuk mencari motor di lokasi parkir (khusus untuk tipe ISS). Melaju dengan motor ini semakin menyenangkan lantaran teknologi eSP ini diterapkan secara global untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan. Teknologi eSP, kata Margono, terinte- grasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin halus tanpa suara sekaligus menjadi dasar aplikasi fitur canggih ISS (Idling Stop System). ISS sendiri dirancang untuk mengu- rangi emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar, karena mesin akan oto- matis mati di saat kondisi statis selama lebih dari tiga detik sehingga akan menghentikan suplai bahan bakar untuk mengurangi risiko terbuang secara percuma. Pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidup- kannya lagi. "Honda berhasil melampaui target penjualan pada 2016 lalu. Dengan demikian, tahun ini merupakan tahun kelima secara berturut-turut sejak 2011 Honda berhasil memecahkan rekor penjualannya di Indonesia," kata Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy. Dari segmen sedan, All New Honda Civic mematrikan penjualan sepanjang 2016 sebesar 1.681 unit dan All New Honda City sebanyak 1.213 unit. New Honda Accord juga turut menyo- kong dengan membukukan penjualan tahunan 541 unit serta Honda Freed sebanyak 617 unit. Kontributor terbesar dalam peningkatan penjualan Honda pada 2016, menurut Jonfis, datang dari beberapa model unggulan, seperti New Mobilio, BR-V, New Brio Satya, HR-V 1.5L, dan All New Honda Jazz. TAHTA AIDILLA/REPUBLIKA Di urutan pertama, Mobilio mencatat penjualan total sebesar 39.482 unit sepanjang 2016. "Kami berterima kasih kepada para kon- sumen yang telah memercayakan diri untuk berinvestasi pada produk yang kami tawarkan selama 2016. Kami berharap untuk terus dapat menghasilkan inovasi baru serta memperta- hankan tren peningkatan penjualan dari tahun ke tahun," ujarnya. Penyumbang terbesar kedua dalam pen- jualan Honda pada 2016 datang dari crossover SUV, yaitu Honda BR-V sebesar 38.666 unit dan di belakangnya ada New Brio Satya dengan penjualan 36.470 unit. Selanjutnya, Honda HR-V memberikan kon- tribusi yang cukup signifikan pada penjualan ta- hunan Honda, yaitu sebesar 36.281 unit, All New Honda Jazz sebanyak 18.110 unit, serta New Honda CR-V sebesar 7.853 unit. med: khoirul azwar Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya mengungkapkan, Vario series telah menjadi trendsetter sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2006 melalui desain elegan fashionable, teknologi dan fitur canggih yang diaplikasikan di model ini. Model ini telah menjadi pilihan lebih dari 9,1 juta konsumen di Tanah Air. Hal ini menunjukkan besarnya apresiasi masyarakat terhadap Vario yang digunakan sebagai sarana transportasi di perkotaan. "Mengawali tahun ini, kami menghadirkan penyegaran motor skutik fashionable terbaik di kelasnya yang menjadi trendsetter di Indonesia, New Honda Vario eSP. Secara konsisten kami akan berusaha menghadirkan pilihan- pilihan terbaru, dan ini sejalan dengan perkembangan kebutuhan konsumen." Disebutkan, model Honda ini menjadi pilihan konsumen dengan desain dan ukuran bodi yang pas untuk dikendarai sehari-hari (fit size commuter). Juga telah dilengkapi teknologi Combi Brake System (CBS) yang membantu menyeim- bangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal, serta Brake Lock yang mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam Color Rendition Chart Men Tele Gagasan televisi bagi uma yang baru. Di luar negeri televisi komunitas Muslim mumpuni. Mampukah sta direalisasikan di Indonesi Harumnya Amal Saleh Amal saleh meninggalkan wangi di tengah kehidupan. Meski pemilik amal sudah dipanggil Sang Khalik, kebajikannya akan tetap bermanfaat bagi masyarakat.
